Selasa, 26 Februari 2013

Perkembangan TIK

Perkembangan TIK



Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
  1. Pendahuluan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua yang teknologi berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dalam definisi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur computer maupun (tele)komunikasi. Istilah TIK atau ICT (Information and Communication Technology), atau yang di kalangan Negara Asia berbahasa Inggris disebut sebagai Infocom, muncul setelah berpadunya teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya) dan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi pada paruh kedua abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang sangat pesat, jauh melampaui bidang-bidang teknologi lainnya. Bahkan sampai awal abad ke-21 ini, dipercaya bahwa bidang TIK masih akan terus pesat berkembang dan belum terlihat titik jenuhnya sampai beberapa dekade mendatang. Pada tingkat global, perkembangan TIK telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia. Intrusi TIK ke dalam bidang-bidang teknologi lain telah sedemikian jauh sehingga tidak ada satupun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat TIK. Membicarakan pengaruh TIK pada berbagai bidang lain tentu memerlukan waktu diskusi yang sangat panjang.
Dengan ditunjang teknologi  informasi komunikasi data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
Perkembangan teknologi  informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan itu dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sehingga sekarang sedang semarak dengan berbagai terminologi yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
  1. Perkembangan TIK
Bila dilacak ke belakang, terdapat beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata member sumbangan terhadap eksistensi TIK saat ini. Pertama adalah temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian ditindaklanjuti dengan penggelaran jaringan komunikasi dengan kabel yang melilit seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Inilah infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terealisasi transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama (Lallana, 2003:5). Komunikasi suara tanpa kabel segera berkembang pesat, dan kemudian bahkan diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943, yang kemudian diikuti oleh tahapan miniaturisai komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947, dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan soko guru TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era perang dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (eks Uni Sovyet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras  komputer, dan terus berevolusi sampai saat ini. Di lain pihak, perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat mulai diimplementasi-kannya teknologi digital menggantikan teknologi analog yang mulai menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang dari awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi inilah kandungan isi (content) berupa multimedia, mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi-komputasimultimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industry menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi komputasi- multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia. Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk maksud yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication+informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan, sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat, juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, elibrary dan sebagainya. Awalan e- bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital.
3.    Perkembangan Dan Implikasi TIK Dalam Pendidikan Di Indonesia
Perkembangan dan implikasi dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
1.      Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
2.      Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.
3.      Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
4. Contoh Pemanfaatan Atas Perkembangan TIK Untuk  Pendidikan Di Indonesia
  • Perpustakaan elektronik (e-library) Revolusi teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas.
  • Surat elektronik (e-mail) Dengan aplikasi e-mail, seorang guru, orang tua, pengelola, dan siswa dapat dengan mudah saling berhubungan. Pihak sekolah dapat membuat laporan perkembangan siswa dan prestasi belajar baik diminta orang tua atau pun tidak. Dalam kegiatan belajar diluar sekolah, siswa yang menghadapai kesulitam materi pelajaran dapat bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah atau guru bidang studi. Demikian pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat memberikan tugas via e-mail kepada siswa
  • Ensiklopedia Sebagian perusahaan yang menjalankan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga duharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tetapi juga video dan audio.
  • Jurnal atau majalah ilmiah Salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan Indonesia adalah kurangny akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada di internet sehingga memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi ilmiah terkahir yang ada di seluruh dunia.
  • Pengembangan homepage dan sistim distribusi bahan belajar secara elektronik (digital) Sistem pembelajaran melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk sekolah maya (virtual school) sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari akses bahan belajar, penilaian, dan kegiatan administrasi pendukung dapat secara online selama 24 jam.
  • Video teleconference Keberadaan teknologi informasi video teleconference memungkinkan bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan berhubungan satu dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan saranan untuk diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan belajar mengajar yang bersifat social. Disamping itu dapat pula untuk pengamatan proses eksperimen dari seorang guru.
5. Sejarah singkat perkembangan teknologi di Indonesia:
1.     televisi
2.     radio
Di tahun 1986-1987-an awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia
3.     telepon
4.     pager
5.     handphone
6.     Bluetooth
7.     Wi-fi
8.     GPS
9.     internet :
Ledakan Internet di Indonesia sendiri terjadi sekitar tahun 1994. Sebelumnya Internet sudah masuk ke Indonesia melalui jaringan akademis dan pusat riset, sehingga hanya golongan akademis dan peneliti yang dapat memanfaatkannya. Itupun masih terbatas pada fasilitas e-mail saja. Nicholas Negroponte sendiri mengakui, “…bahwa pertumbuhan host Internet tercepat pada kwartal ketiga 1994 terjadi di Argentina, Iran, Peru, Mesir, Filipina, Federasi Rusia, Slovenia dan Indonesia.” (Being Digital, Mizan, 1998, hal. 184).

Rabu, 20 Februari 2013

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog

Menurut RidwanAZ.com, ada dua layanan blogging yang telah diakui kehebatannya oleh para blogger di seluruh dunia. Yaitu Blogspot (blogger.com; sebuah layanan yang dimiliki oleh google) dan WordPress.com. Namun karena judul artikel ini adalah cara membuat blog di blogspot, jadi artikel kali ini akan membahas blogspot saja. Bagi kamu yang ingin membaca panduan wordpress silahkan baca di sini.
Untuk selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah cara membuat blog lengkap di berikut ini :
1. Untuk memulai mendaftar blog di blogspot silahkan kunjungi alamat situs  www.blogger.com, setelah itu cari tombol Sign up (daftar) yang ada di pojok kanan atas, seperti gambar di bawah ini
cara membuat blog
2. Setelah tombol sign up diklik, nanti akan muncul aplikasi pendaftaran pembuatan akun gooogle, seperti gambar di bawah ini. Silahkan lengkapi aplikasi tersebut. Gambar di bawah ini merupakan contoh pengisiannya.
Penjelasan pengisian : pada bagian Name, Isi nama  depan dan nama belakang kamu.
Pada Choose your username,  isi sesuai dengan keinginanmu, username ini nantinya berfungsi sebagai email login untuk akses ke dashboard blogspot kamu dan bisa juga untuk login ke Gmail. (jika username tidak tersedia, tambahka angka atau huruf di belakangnya),
Pada Create a Password, isi password kamu (gunakan yang mudah diingat), pada Confirm your password silahkan isi dengan password yang sama dengan password pada kolom pada create a possword tadi.
Pada birth day isi tanggal lahir kamu.  Pada Phone, isi dengan nomor ponsel kamu, untuk Curent your email, dikosongkan saja.  Pada type the two pieces of text, ketikan dua buah teks kode yang ada di atasnya.  Selanjutnya beri tanda centang pada dua kotak kecil di bawahnya, dan yang terakhir Klik pada tombol Next step.
cara membuat blog
3. Setelah kamu klik pada tombol next, akan ditampilkan perintah verifikasi akun, silahkan masukan nomor ponsel kamu. Kemudian klik tombool Send Verifikation Code. Nanti kamu akan mendapat sms dari google yang berisi  kode aktifasi.
cara membuat blog
4.  SMS kode verifikasi dari google ke ponsel kamu akan tampak seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog
5.  Masukkan kode verikasi sms di atas pada kolom yang tampil, seperti gambar di bawah ini. kemudian klik tombol Verify
cara membuat blog
6.  Jika langkah sebelumnya berhasil, kamu akan menjumpai halaman seperti gambar di bawah ini. Untuk menambahkan foto silahkan klik add profile photo,  jika ingin langsung ke langkah selanjutnya silahkan klik tombol Next Step.
cara membuat blog
7.   Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Ini merupakan tanda bahwa kamu telah memiliki sebuah akun google  berupa alamat email yang bisa digunakan untuk login ke Gmail.com dan blogger.com, selanjutnya silahkan klik tombol Back to blogger.
cara membuat blog
8. Jika melihat halaman seperti gambar di bawah ini abaikan saja , biar lebih cepat dalam membuat blog. SIlahkan klik tombol lanjutkan ke blogger.
cara membuat blog
9.   Setelah itu kamu akan masuk ke halaman utama Dashboard blogger. Di dashboard ini kamu bisa membuat blog, menulis posting, mengatur tema dan lain-lain.  Untuk membuat blog pertama kali klik tombol Blog Baru.
cara membuat blog
10.  Setelah tombol blog baru diklik, akan muncul  jendela pembuatan blog.  Pada bagian Judul isi  Judul blog kamu, pada bagian Alamat isi dengana alamat blog yang kamu inginkan. Pada template, pilih salah satu template yang kamu inginkan.  Kemudian klik tombol buat blog
cara membuat blog
11. Setelah langkah-langkah di atas, blog kamu sudah berhasil di buat.  Untuk menulis posting silahkan klik tombol Pensil, sedangkan untuk melihat tampilan blog yang masuk kosong (belum ada artikelnya) silahkan klik tombol lihat blog.
cara membuat blog


Mendaftar Blogger dengan Akun Gmail

Jika kamu sudah mempunyai alamat email di Gmail.com, kamu tidak perlu mendaftar dari awal… Kamu dapat  langsung memasukkan alamat email gmail dan password kamu, kemudian klik tombol masuk. Selanjutnya kamu tidak perlu mengisi berbagai macam kolom. Kamu hanya perlu masukkan Nama Tampilan dan alamat situs.

Cara Mengisi Artikel di Blogger pada Tampilan Antarmuka baru

Belum lama ini Blogger meluncurkan tampilan antar muka pada seluruh bagian Dashboard nya. Mulai dari bagian posting artikel, bagian setting, bagian pengaturan template, bagian komentar, dan lain-lain telah berubah semua. Jadi bagi kamu yang secara otomatis diarahkan ke tampilan antar muka yang baru, silahkan simak panduan cara mengisi artikel pada tampilan antar muka  baru di bawah ini ;
1. Berikut ini merupakan gambar tampilan antar muka baru halaman dashboard  blogger. Perhatikan gambar di bawah ini, beberapa tombol penting masih diikut sertakan, hanya saja posisinya dirubah sesuai dengan bentuk tampilan baru.  Jadi untuk masuk ke halaman pengisian artikel pada blogspot,  silahkan klik tombol Orange yang ada gambar pensilnya.
cara mengisi artikel blogspot tampilan antarmuka baru
2. Setelah itu akan tampil halaman posting seperti gambar di bawah ini. Untuk lebih jelasnya silahkan pahami keterangan pada gambar di bawah ini.
cara mengisi posting di blogpot baru
3.  Masukkan judul artikel, isi artikel, dan labelnya pada kolom yang telah disediakan. Sehingga hasilnya seperti contoh di bawah ini. Setelah semua diisi, silahkan klik tombol publikasikan yang berwarna orange.
contoh isian posting blogspot
4.  Setelah kamu klik tombol publikasikan, halaman akan berubah seperti gambar di bawah ini.  Jika muncul seperti gambar di bawah ini, berarti artikel kamu sudah berhasil di posting atau diterbitkan.  Untuk melihat artikel yang telah diterbitkan silahkan klik tombol Lihat.  Sedangkan tombol Edit berfungsi untuk menge edit atau merubah artikel kamu. Lalu untuk tombol Hapus berfungsi untuk menghapus artikel.
posting telah berhasil muncul diterbitkan

Cara Login dan Logout akses dashboard Blogspot.

Jika komputer yang kamu gunakan untuk membuat blog adalah komputer warnet atau laptop pinjaman, sebaiknya sebelum menutup laptop silahkan logout dulu dari Dashboard sebagai antisipasi keamanan akun blogspot kamu.  Cara klik pada tombol di pojok kanan  atas nama profilmu, kemudian klik tombol keluar. perhatikan gambar di bawah ini.
cara logout blogspot
Sedangkan Untuk masuk kembali ke blogspot, caranya hampir sama dengan langkah paling awal tadi. Yaitu kunjungi www.blogger.com, kemudian masukkan email dan password yang telah kamu dapatkan tadi. sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.
cara loging akses blogspot

 Cara Mengatur Setting Form Komentar Blogspot

Menurut kami mengatur setting pada form komentar di blogspot ini wajib untuk segera dilakukan. Mengapa ? Karena secara defaul, tampilan antar muka form komentar pada blogspot dibatasi hanya untuk pemilik akun tertentu, misalnya akun blogger, akun wordpress, akun typepad. Sehingga orang lain yang memiliki blog ketika ingin berkomentar pada artikel kita, ia tidak bisa memasukkan alamat situs atau blog mereka. karena di formnya tidak tersedia seperti gambar di bawah ini.
gambar cara seting form komentar blogspot
Berikut ini penjelasan singkat dan mudah bagaiman setting form komentar pada blogspot.
1. Langkah pertama adalah login dulu ke dashboard blogspot milikmu, kemudian masuk ke jendela setelan/setting, dengan cara klik pada tombol segitiga kecil yang ada di sebelah kiri tombol lihat blog, kemudian klik tombol setelan. Perhatikan gambar di bawah ini agar lebih jelas.
gambar cara seting form komentar blogspot
2. Setelah berhasil masuk ke jendela setelan, silahkan klik pada tombol pos dan komentar
gambar cara seting form komentar blogspot
3. Tampilan jendela pos dan komentar akan tampak seperti gambar di bawah ini. Untuk mengatur setting agar orang yang berkomentar dapat mengisikan alamat situs mereka, silahkan klik pada opsi SEMUA ORANG. Agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar di bawah ini
gambar cara seting form komentar blogspot
4. Setelah opsi pada SEMUA ORANG diaktifkan, selanjutnya tekan tombol SIMPAN SETELAN yang ada dipojok kanan atas.
gambar cara seting form komentar blogspot
5. Untuk mengetahui hasilnya, silahkan buka salah satu posting artikel pada blogspot kamu, kemudian lihat pada form komentar. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Sehingga pengunjung situs kamu bisa meninggalkan komentar lengkap dengan alamat situsnya.
gambar cara seting form komentar blogspot

Selasa, 19 Februari 2013

Mail Merge

Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak.
Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat, label, dan amplop.

    Untuk membuat mail merge terdiri dari 2 dokumen, yaitu:
  • Dokumen Master, dokumen yang isinya sama untuk semua penerima.
  • Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima.
    Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.
    Pada tutorial ini, data source menggunakan Excel, karena cara ini lebih cepat. Selain itu:
  • Lebih mudah mengontrol dan menambah data baru.
  • Lebih mudah membaca data yang ditampilkan di lembar kerja Excel terutama bila kita ingin memperbaiki kekeliruan seperti salah pengejaan dan sebagainya.
  • Juga mempermudah menyalin data source pada dokumen Excel ke lembar kerja yang lain.
    Misalnya dalam membuat sertifikat pelatihan yang pesertanya lebih kurang sama, maka akan lebih mudah memilih nama pada lembar kerja tersebut dan menyalinnya ke dokumen (data source) baru.

Langkah-langkah membuat mail merge adalah sebagai berikut:

    Tahap I Membuat Data Source
  1. Buat data source di Excel seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Data Surat.
    data source mail merge

  2. Tahap II Membuat Dokumen Master
  3. Buat dokumen master surat di Word seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Master Surat.
    Beri jarak untuk menaruh nama dan alamat.
    Dokumen ini jangan ditutup karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut: menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master.
    Dokumen Master mail merge

  4. Tahap III Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master
  5. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge.
    Start Mail Merge
  6. Selanjutnya kita akan memilih data source.
  7. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
  8. Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table.
  9. Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK.
  10. Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya.
  11. Taruh di kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Nama.
  12. Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini.
    Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua <<data field>>.
    Tampilan Data Field
    • Tips:
    • Di sini kita dapat mengatur format surat, seperti memberi cetak tebal pada Nama dan sebagainya.
    • Bila hanya data tertentu saja yang ingin dipilih, lakukan cara berikut:
      1. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Edit Recipient List.
      2. Di kotak dialog Mail Merge Recipients, kosongkan kotak pada daftar seperti contoh di bawah ini.
    • Bila ada penambahan data baru di Excel, klik nama dokumen pada Data Source dan klik tombol Refresh. Data yang baru akan ditampilkan di daftar.
    • Mail Merge Recipients

  13. Untuk melihat hasil penggabungan, klik tombol PreviewResults.
    Surat akan ditampilkan per data. Klik tanda panah untuk berpindah antar data.
    Jika masih ada yang ingin diubah, klik lagi tombol PreviewResults dan lakukan perubahan yang diinginkan.
    Preview Result - Mail Merge

  14. Tahap IV Menyimpan dan Mencetak Mail Merge
    Finish and Merge
  15. Pada tahap ini, klik tombol Finish & Merge dan pilih:
    • Print Documents, untuk mencetak surat.
      Ada 3 pilihan:
      1. All untuk mencetak semua surat.
      2. Current record untuk mencetak surat pada halaman yang aktif.
      3. Isi nomor urut data pada kotak From dan To, untuk mencetak surat yang dipilih saja.
      Merge to Printer
    • Edit Individual Documents, untuk menyimpan hasil penggabungan ke dokumen baru.
      Pilihan sama dengan di atas (All, Current record dan nomor urut tertentu).
      Pada dokumen baru, setiap surat akan ditampilkan per halaman. Jangan lupa menyimpan dokumen baru tersebut.

SMASA

Pada tanggal 17 Agustus 1959 oleh Yayasan Pendirian Sekolah Lanjutan Lumajang dengan pengurus harian sbb:
1. Ketua / Kepala Daerah : Bp. Soendjoto
2. Sekretaris : Bp. Djoewari
3. Bendahara : Bp. Soedjono

Didirikan Sekolah Menengah Atas B/C Lumajang dengan menempati dua ruang gedung SGB Negeri Lumajang.
Para pembantu yayasan antara lain :
1. Seksi Pendirian Gedung Sekolah Bp. Soeprapto.
2. Bagian Pengajaran Bp. Mohammad Aksari.
3. Pejabat Sementara Kepala Sekolah Bp. RM. Soempeno.

Pada tanggal 25 Agustus 1959 pelajaran dimulai dengan menempati 2 ruang kelas di SGB Negeri.
Bermula dibuka 2 kelas yaitu IB dan IC masing-masing dengan siswa sebanyak 48 IB dengan Wali Kelas Bp. Mohammad Aksari dan 42 siswa kelas IC dengan Wali Kelas Bp. Sasbani.

Untuk pertama kalinya guru yang mengajar adalah Bp. Soegianto , Bp. Saleh Abdurrachman, Bp. Moh Aksari, Bp. Sasbani dan Bp. RM Soempeno.
Pada bulan September 1959 Bp. Moh Aksari mendapa tugas dari yayasan untuk mencari guru lulusan BT atau yang sederajad. Tetapi karena banyak yang belum mau menjadi guru yayasan, maka hanya mendapat 2 orang lulusan Paedagogik yaitu Su Djoehanan, dan Bu Djoensiyah, serta guru ilmu pasti lulusan SI yaitu Bp. Moh Ramli.
Guru-guru tersebut mulai aktif pada bulan Oktober 1958.
Pada saat itu tugas yayasan adalah membiayai jalan pelajaran dan pendirian gedung sekolah yang tanahnya dari Bp Petinggi maskap.

Pada 16 Juli 1960 terjadi perubahan pengurus Harian yayasan yaitu ketuanya adalah Bapak R Soelaeman, lain-lainnya sementara tetap.
Pada November 1959 datang meninjau dari inspeksi Pusat Sekolah Lanjutan yaitu Bp. R. Siwoyo untuk melihat persiapan tentang Pendirian Sekolah.
Pada tanggal 16 Juli 1960 datang telegram dengan alamat Kepala Daerah yang waktu itu adalah Bp. Soekarjono yang menyatakan bahwa SMA B/C Lumajang mulai dengan 1 Agustus 1960 menjadi SMA A/B/C Negeri Lumajang, yang SK nya baru datang kemudian dengan sk tanggal 16 Juli 1960.

Pada tanggal 19 Agustus 1960 terjadi serah terima dari Bp. Soekardjono Bupati Kepala Daerah sebagai pelindung yayasan pendirian Sekolah Lanjutan bertindak atas nama dan untuk yayasan menyerahkan SMA A/B/C Negeri berikut guru-guru, pegawai TU dan gedung beserta mobiler dan perlengkapan lain kepada Kepala Perwakilan P.P dan K Daerah Jawa Timur yang diwakli oleh Bp. Samadi Darmosoedirjo. Kepala Urusan SMA di Jawa Timur.
Para saksi pada saat itu adalah :
1. Bp. Komandan Kodim Bp. R Soejono
2. Bp. Sekretaris yayasan Bp. Djoewari
3. Bp. Pengurus Harian yayasan Bp. R. Soelaeman.

Pada tahun 1960 itulah berdatangan guru-guru yang pada saat itu masih guru honorer dengan pinjaman gaji dari yayasan untuk kelangsungan hidup dan jalan pelajaran. Guru-guru tersebut adalah :
1. Bp. Bagiana
2. Bp Soegeng
3. Bu. Isniah
4. Bp. Tukidja
5. Bp. Hadi Soedirman
6. Bp. Moh. Ramli
7. Bu. Djoedjoe St. Dj
8. Bu. Djoensijah
9. Bp. Sasbani
10. Bp. Moh Aksari

Sementara itu ada guru yang sudah memiliki SK PPK yaitu
1. Bp. Prijo Samjoto
2. Bp. Soenarjo

Pejabat Kepala Sekolah Sementara tetap dipegang oleh Bp. RM Soempeno.
Pegawai TU ialah
1. Bu. Wachid
2. Bp. Hari
3. Bp. Slamet Effendi.

Setelah diurus oleh Bp. Soenarjo maka berdatangan dari PPK untuk guru-guru tersebut. Kecuali untuk 3 orang yaitu: Bp. Moh Aksari, Bu. Djoedjoe St. Djoehanah dan Bu. Djoensiyah mendapat SK pengangkatan menjadi guru di SPG waktu itu SGA Pilot Project Tambun. Maka per 1 Juli 1961 guru-guru tersebut meninggalkan SMA Negeri A/B/C menuju tempat baru :
Selanjutnya kami tidak lagi mengetahui tentang SMA Negeri Lumajang kecuali pada tahun 1964 � 1966 ketika Bp. Moh. Aksari masih dimintai bantuan mengajar pada SMA tersebut.

Kepala Sekolah pada saat itu sudah dijabat oleh Bp. Samsuri SH, kemudian ketika beliau meninggal digantikan oleh Bp. Prijo Sanjoto.
Majulah SMA Negeri 1 Lumajang menjadi SMA terkenal yang siswa-siswanya banyak menjadi dokter, dan sarjana lainnya.

Bukti autentik sejarah SMA Negeri Lumajang ada terlampir.
Penulis

(Mohammad Aksari)

SMA Negeri 1 Lumajang Dulu s.d Sekarang

Sejarah SMA Negeri 1 Lumajang, sejak berdiri hingga sekarang dapat diperiodisasi sebagai berikut :

- Periode I : tahun 1960 - 1975 ( Perintis )
Merupakan SMA Negeri satu-satunya di Kab. Lumajang, yang secara historis bermula dari Sekolah Menengah Atas B/C, dengan 2 (dua) ruang kelas di SGB Negeri Lumajang, peserta didik 98 siswa. Melalui S/K tanggal 16 Juli 1960 dari Inspeksi Sekolah Lanjutan, menyebutkan mulai tanggal 1 Agustus 1960 SMA B/C Lumajang diubah menjadi SMA A/B/C. Saat itu yang menjadi kepala daerah Lumajang adalah Bp Soekarjono 1 Agustus 1960 itulah secara resmi lahir SMA Negeri 1 Lumajang.

- Periode II : tahun 1976 - 1992 ( Pembangunan dan Kompetisi )
Merupakan masa pengembangan, penambahan ruang dan sarana belajar. Pada tahun 1976 SMPP dipersiapkan sebagai sekolah Persiapan di Lumajang dan awalnya para siswa menempati dan menggunakan fasilitas belajar (bergabung) di SMA Negeri 1 Lumajang, tahun 1977 SMPP berdiri sendiri yang seluruh pengajarnya berasal dari SMAN 1 Sejak saat itulah dimulai kompetisi sehat dibidang pendidikan antara SMA 1 dengan SMPP (SMA 2).

- Periode III : tahun 1993 - 2002 ( Masa Krisis)
Merupakan masa merosotnya pamor SMA Negeri 1 Lumajang, khususnya dibidang akademik. Ditandai dengan menurunnya animo masyarakat terhadap SMA Negeri 1.

- Periode IV : tahun 2003 - ( Restrukturisasi )
Merupakan masa dimulainya pembenahan dan penataan ulang terhadap berbagai bidang yang mengarah pada peningkatan prestasi akademik dan peningkatan sarana belajar. Menggunakan manajemen pengelolaan pendidikan yang mengikuti perkembangan jaman. Keterbukaan dalam pengelolaan dana, meningkatkan etos kerja dan menjalin kerjasama dengan pihak komite dan masyarakat dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.

Secara kelembagaan lulusan SMA N 1 Lumajang 35 % diterima di perguruan tinggi negeri, selebihnya diPTS dan terjun di masyarakat. Demikianlah sekelumit sejarah SMA N 1 Lumajang, yang sampai saat ini telah meluluskan kurang lebih 8000 alumni, dan sebagian besar pegawai Pemkab Lumajang adalah alumni SMA Negeri 1 Lumajang.
Semoga para alumni turut memberi kontribusi positif bagi kemajuan almamater tercinta, ditengah persaingan dan tantangan yang ada.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India